Jumat, 22 Januari 2016

persediaan

Persediaan adalah persediaan barang-barang yang menjadi obyek usaha pokok perusahaan.

Jenis-Jenis Persediaan
Seperti yang telah disebutkan di atas, Persediaan terbagi menjadi 5, yaitu :
Merchandise Inventory (Persediaan Barang Dagangan)
Barang dagangan adalah barang yang diperoleh dari supplier (pemasok) tanpa melalui proses perubahan bentuk dan dimaksudkan untuk dijual kembali kepada pelanggan dalam kegiatan normal perusahaan.
Direct Materials Inventory (Persediaan Bahan Baku)
Bahan baku adalah barang yang akan digunakan dalam proses produksi dan menjadi substansi utama dari barang (produk) jadi. 
Indirect Materials Inventory (Persediaan Bahan Pembantu)
Bahan pembantu adalah barang yang akan dipakai untuk membantu kelancaran usaha ataupun proses produksi dan tidak menjadi substansi produk jadi. Contohnya adalah kertas yang merupakan bahan baku bagi perusahaan penerbit dan percetakan; dan bahan pembantu untuk pembungkus bagi penjual makanan.
Work in Process Inventory (Persediaan Barang dalam Proses)
Persediaan Barang dalam proses adalah bahan baku yang sudah mengalami proses produksi tetapi belum selesai secara sempurna sebagai barang jadi. Contohnya adalah buku yang belum dijilid pada perusahaan penerbitan, sepatu yang belum disol pada perusahaan sepatu.
Finished Goods Inventory (Persediaan Barang Jadi)
Barang jadi adalah barang yang telah selesai diproduksi dan menunggu untuk dijual. Barang jadi pada perusahaan manufaktur berfungsi sama seperti barang dagangan pada perusahaan dagang, yaitu sebagai sumber pendapatan utama.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ku Jaga Takdirku

Tak Pernah Aku Meminta Bertemu Engkau Dan Bersama Sama Dalam Kehidupan Namun Tuhan Mengirim Engkau Untuk Bersama Denganku Selamanya ...